Kamis, 12 Januari 2012

Cara Menjumlahkan Pada MS Excel


Excel merupakan program yang terintegrasi dengan Microsoft Office. Di dalam excel, akan dijumpai beberapa istilah antara lain yaitu : workbook, sheet, column, row dan cell. Workbook adalah sebutan untuk file excel. Di dalam workbook terdiri dari sheet atau halaman-halaman excel. Untuk workbook standar terdiri dari 3 sheet. 


Di dalam sheet terdapat cell-cell, kalau saya mengistilahkan cell sebagai ruangan atau tempat kita menyimpan data dalam excel, dapat berupa angka, teks, dan rumus. Tiap cell dalam excel ditunjukkan melalui kolom dan baris (column & row). Kolom terdiri dari huruf-huruf, mulai dari A, B, C, dan seterusnya. Sedangkan baris terdiri dari angka-angka, mulai dari 1, 2, 3, dan seterusnya. 


Dengan demikian untuk menyebutkan sebuah cell haruslah menyebutkan kolom dan barisnya seperti cell A1, yaitu cell yang berada pada kolom A dan baris 1.
Saya rasa cukup untuk perkenalannya, mari kita mulai dengan belajar rumus penjumlahan.
Salah satu kelebihan program Excel, kita dapat mempermudah proses penjumlahan bilangan.


Ada beberapa cara dalam membuat rumus penjumlahan:
Pertama, menggunakan tanda “+” dengan cara : “=CELL+CELL” contoh: “=A1+B1”, artinya kita akan menjumlahkan angka-angka yang ada pada cell A1 dan B1.


Latihan:
Masukkan angka 5 pada cell A1
Masukkan angka 5 pada cell B1
Pada cell C1 ketikkan rumus : “=A1+B1” lalu tekan “Enter”
Hasil penjumlahan pada cell C1 adalah 10





Kedua, menggunakan rumus “=sum(cell:cell)” contoh: “=sum(A1:A5), artinya kita akan menjumlahkan angka-angka yang berada pada cell A1 sampai A5.


Latihan:
Masukkan angka 2, masing-masing pada cell A1, A2, A3, A4 dan A5
Pada cell A6 ketikkan rumus : “=sum(A1:A5)” lalu tekan “Enter”
Hasil Penjumlahan pada cell A6 adalah 10






Untuk perhitungan yang lebih kompleks, rumus “=sum(cell:cell)” dapat dikombinasikan dengan perkalian “*”, pembagian”/”, dan pengurangan “-“.
Contoh: “=sum(A1:A5)/B1*C1-D1” hasilnya pada cell A6 adalah 0







Selamat mencoba. .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar